Beranda

Senin, 11 Juni 2012

Antara dua pilihan. Pilih Ertiga atau Evalia?





“Antara dua pilihan. Pilih Ertiga atau Evalia?,” Pesan BlacBerry itu mampir Sabtu pagi. Seorang kawan minta pendapat untuk menentukan pilihannya. Jelas saya tak bisa menjawab. Saya belum pernah menjajal dua kendaraan jenis serbaguna alias MPV tersebut. Tapi saya ingat, bulan lalu sempat beberapa kali mengedir berita soal Ertiga, Xenia, Avanza, Evalia, dan terakhir Honda Brio yang rencananya juga bakal mengaspal.




Pesaing Avanza – Xenia dari Nissan Segera Hadir

Pasar persaingan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) atau serbaguna di Indonesia dipastikan bakal semakin ketat. Setelah bulan lalu PT. Suzuki Indomobil Motor meluncurkan Ertiga sebagai pesaing Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, dalam waktu dekat ini PT Nissan Motor Indonesia (NMI) bakal merilis Evalia. "Evalia? Soon," kata Vice President PT Nissan Motor Indonesia Teddy Irawan kepada Detik.

Pernyataan Teddy ini memperkuat keterangan Kintaro Izumida, Presiden Direktur PT NMI April lalu yang menargetkan Evalia akan mengaspal di Indonesia pertengahan tahun ini. Atau paling lambat hadir pada Indonesia International Motor Show 2012 yang bakal dihelat September nanti.
Indonesia juga akan dijadikan basis produksi untuk memaksimalkan kapasitas pabrik di Karawang, Jawa Barat.


Evalia yang sempat ditampilkan di ajang New Delhi Motor Show 2012 lalu. Mobil ini menggunakan pintu geser seperti Nissan Serena yang menjadi salah satu nilai jual Evalia. Sedangkan dari sisi mesin, Evalia akan menggunakan mesin DCI berkapasitas 1.5 liter seperti yang digunakan pada Grand Livina.
Mobil serbaguna model MPV memang cukup diminati, karena sesuai selera masyarakat Indonesia. Meski tidak mengalami pertumbuhan berarti setiap tahunnya, namun saat ini tercatat pasar MPV mencapai 46 persen dari penjualan mobil secara nasional.
Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi pasar mobil di dalam negeri pada 2012 akan tumbuh sekitar 3-5 persen dibandingkan tahun lalu. Angka penjualan mobil tahun ini diperkirakan sekitar 910 – 930 ribu unit. Tahun lalu, penjualan mobil mencapai 890. ribu unit lebih.




Fakta Tentang Mereka

Kendaraan jenis Multi-purpose vehicle diprediksi tetap menjadi pilihan utama konsumen roda empat di Indonesia. Tahun lalu, hampir semua jenis MPV menguasi 10 besar mobil terlaris. Toyota Avanza bersaing dengan Daihatsu Xenia untuk berada di posisi teratas. Setelah Suzuki meluncurkan Ertiga, dalam waktu dekat Evalia dari Nissan akan mengaspal di tanah air. Berikut varian mereka yang bakal adu balap di jalur MPV.


  • Toyota Avanza. Ada tujuh varian dengan 2 pilihan mesin dan transmisi. Harga jualnya berkisar Rp 140 sampai Rp 180,2 juta.
  • Daihatsu Xenia. Ada sekitar 18 varian dengan rentang harga Rp 126,6 sampai 179,3 juta.
  • Suzuki Ertiga ditawarkan dalam 3 varian, yaitu GA, GL dan GX. Untuk tipe GA harganya Rp 143 juta, GL dilepas Rp 153 juta dan GX Rp 165 juta.
  • Nissan Evalia. Belum ada keterangan resmi tentang varian dari mobil dengan nama lain Nissan NV-200 ini. Hanya ada satu pilihan mesin, dengan transmisi manual dan otomatis. Harga diperkirakan berkisar antara Rp 160-180 juta.

ERWINDAR | BERBAGAI SUMBER

1 komentar:

  1. wah, pakdhe Erwin jadi pengamat otomotif juga tho saiki, he he he... mantap...

    BalasHapus