artikel ini sumbernya dari Harian Detik. Linknya: bit.ly/TbQEPM
Jakarta
- Penjualan mobil supermewah di Indonesia sepanjang tahun ini
diperkirakan meningkat 20 - 30 persen dibanding tahun lalu.
Meningkatnya jumlah orang kaya di Indonesia menjadikan Indonesia
pasar potensial bagi mobil itu. Produsen mobil dari Eropa pun
menggenjot penjualan di Tanah Air.
“Pasar
Indonesia menjadi pasar yang seksi bagi produsen (terutama Eropa)
mobil premium,” kata Yudy W. Widodo, Vice President Sales and
Marketing PT Eurokars Artha Utama, Agen Pemegang Merek mobil merek
Porsche dan Rolls Royce di Indonesia seperti dilansir Harian Detik
hari ini. Hal yang sama disampaikan Endy Kusumo Chief Operation
Officer PT Artha Auto pemegang merek Lamborghini dan Irvino Edwardly,
Chief Executive Officer PT Tiara Cahaya Otomotif, pemegang merek
Maserati. “Permintaan mobil super premium Lamborghini Aventador LP
700-4, yang kami pasarkan, melebihi target,” ujar Endy.
Sebelumnya, mobil yang
diluncurkan Februari lalu itu, ditargetkan hanya terjual 8 unit.
Namun, ternyata, hingga Agustus lalu jumlah pemesanan mobil
berannderol US$ 1,08 juta atau sekitar Rp 10,32 miliar tersebut
sudah mencapai 12 unit.
Moncernya
pasar mobil supermewah di Indonesia itulah yang memantik minat PT
Tiara Cahaya Otomotif untuk memboyong Maserati GranTurismo MC
Stradale ke Indonesia awal Juni lalu. Mobil berbanderol sekitar Rp
3,75 miliar itu ditargetkan terjual 20 – 30 unit hingga akhir tahun
ini. PT Eurokars Artha Utama yang memasarkan dua mobil supermewah
asal Jerman dan Inggris yaitu Porsche dan Rolls Royce mencatat,
hingga, Agustus lalu, penjualan Porsche telah mencapai 100 unit
lebih. Tetapi pada saat ini penjualan melambat hingga turun 50
persen.
Penjualan
terbanyak, yaitu 40 persen, disumbangkan Porsche Cayene. Model
terbanyak kedua, adalah Porsche Boxster yang berbanderol Rp 2 miliar
lebih. Adapun penjualan Rolls Royce di Indonesia, diklaim terbaik di
Asean setelah Singapura. Bahkan, sebelumnya, Al Serudin, Corporate
Communication Manager Asia Pacific Rolls Royce Motor Cars menyebut,
penjualan Rolls Royce Indonesia saat ini masuk kelompok
lima besar di Asia Pasifik, setelah China, Amerika Utara, Inggris,
dan Jepang.
Daya
tarik pasar Indonesia juga diakui Presiden Direktur Citra Langgeng
Otomotif, pemegang merek Ferrari di Indonesia, Irmawan Poedjoadi.
Terbukti, ujarnya, Indonesia menjadi salah satu tempat peluncuran
Ferrari tercepat, yaitu F12 Berlinetta, di kawasan Asia Pasifik,
akhir pekan lalu. “Pasar Indonesia menarik di Asia Pasifik,”
ucap dia.
Pengamat
otomotif Suhari sargo menyebut pangsa pasar mobil mewah yang tercatat
di gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia hingga tahun lalu
hanya sekitar 1 persen dari total penjualan, atau hanya 8.940 unit.
“Tetapi yang super mewah tidak tercatat, karena memangindustrinya
di luar Gaikindo, tetapi pangsa pasarnya stengah lebih dari yang
mewah,” kata dia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar