Beranda

Senin, 03 September 2012

Indonesia Pasar Seksi Mobil Supermewah


artikel ini sumbernya dari Harian Detik. Linknya:

Jakarta - Penjualan mobil supermewah di Indonesia sepanjang tahun ini diperkirakan meningkat 20 - 30 persen dibanding tahun lalu. Meningkatnya jumlah orang kaya di Indonesia menjadikan Indonesia pasar potensial bagi mobil itu. Produsen mobil dari Eropa pun menggenjot penjualan di Tanah Air.

Pasar Indonesia menjadi pasar yang seksi bagi produsen (terutama Eropa) mobil premium,” kata Yudy W. Widodo, Vice President Sales and Marketing PT Eurokars Artha Utama, Agen Pemegang Merek mobil merek Porsche dan Rolls Royce di Indonesia seperti dilansir Harian Detik hari ini. Hal yang sama disampaikan Endy Kusumo Chief Operation Officer PT Artha Auto pemegang merek Lamborghini dan Irvino Edwardly, Chief Executive Officer PT Tiara Cahaya Otomotif, pemegang merek Maserati. “Permintaan mobil super premium Lamborghini Aventador LP 700-4, yang kami pasarkan, melebihi target,” ujar Endy.



Sebelumnya, mobil yang diluncurkan Februari lalu itu, ditargetkan hanya terjual 8 unit. Namun, ternyata, hingga Agustus lalu jumlah pemesanan mobil berannderol US$ 1,08 juta atau sekitar Rp 10,32 miliar tersebut sudah mencapai 12 unit.
Moncernya pasar mobil supermewah di Indonesia itulah yang memantik minat PT Tiara Cahaya Otomotif untuk memboyong Maserati GranTurismo MC Stradale ke Indonesia awal Juni lalu. Mobil berbanderol sekitar Rp 3,75 miliar itu ditargetkan terjual 20 – 30 unit hingga akhir tahun ini. PT Eurokars Artha Utama yang memasarkan dua mobil supermewah asal Jerman dan Inggris yaitu Porsche dan Rolls Royce mencatat, hingga, Agustus lalu, penjualan Porsche telah mencapai 100 unit lebih. Tetapi pada saat ini penjualan melambat hingga turun 50 persen.

Penjualan terbanyak, yaitu 40 persen, disumbangkan Porsche Cayene. Model terbanyak kedua, adalah Porsche Boxster yang berbanderol Rp 2 miliar lebih. Adapun penjualan Rolls Royce di Indonesia, diklaim terbaik di Asean setelah Singapura. Bahkan, sebelumnya, Al Serudin, Corporate Communication Manager Asia Pacific Rolls Royce Motor Cars menyebut, penjualan Rolls Royce  Indonesia saat ini  masuk kelompok lima besar di Asia Pasifik, setelah China, Amerika Utara, Inggris, dan Jepang.

Daya tarik pasar Indonesia juga diakui Presiden Direktur Citra Langgeng Otomotif, pemegang merek Ferrari di Indonesia, Irmawan Poedjoadi. Terbukti, ujarnya, Indonesia menjadi salah satu tempat peluncuran Ferrari tercepat, yaitu F12 Berlinetta, di kawasan Asia Pasifik, akhir pekan lalu. “Pasar Indonesia menarik di Asia Pasifik,” ucap dia.
Pengamat otomotif Suhari sargo menyebut pangsa pasar mobil mewah yang tercatat di gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia hingga tahun lalu hanya sekitar 1 persen dari total penjualan, atau hanya 8.940 unit. “Tetapi yang super mewah tidak tercatat, karena memangindustrinya di luar Gaikindo, tetapi pangsa pasarnya stengah lebih dari yang mewah,” kata dia.

SUMBER HARIAN DETIK 

Artikel terkait: 16 Orang Indonesia Pesan Ferrari F12 Berlinetta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar