Beranda

Minggu, 23 Oktober 2011

Cara Alami Obati Flu dan Batuk

Cuaca lagi tak menentu. Wabah flu dan batuk menyebar..
Kalau daya tahan tubuh lagi gak prima, bisa jadi tertular.
Batuk dan pilek bisa jadi penyakit yang sepele. Tapi kalau didiamkan saja bisa
Merepotkan juga.
Kalau selama ini saya taunya hanya jeruk nipis dan kecap
Sebagai pereda batuk, rupanya banyak cara alami lho..
Saya sendiri belum mencoba, baru nemu di beberapa artikel..

Berikut ini beberapa cara alami menangkal dan mengobati batuk pilek yang kami kumpulkan dari berbagai sumber:

- Menghindari sumber penularan flu. Hindari mereka yang terkena flu dan rajin cuci tangan. “Untuk menghindari penularan batuk pilek, yang pertama tubuh harus sehat. Saat bermain dengan teman sebisa mungkin untuk minum dari botol atau gelas yang sama agar tidak tertular,” imbuh Bella.

- Batuk berdahak bisa diatasi dengan daun tyme. Tyme mencairkan dahak dan melancarkan napas Anda. Tyme mengandung bahan aktif bernama tymol, yang merupakan zat antimikroba yang dapat membunuh virus dan bakteri penyebab batuk. Untuk menggunakannya, pastikan daun yang dipilih hijau dan segar.

- Perpaduan bahan yang cukup bagus untuk segala tipe batuk adalah madu dan lemon. Campurkan air dengan sedikit lemon, rebus selama 15 menit. Kemudian campurkan dengan sesendok madu seperti akan meminum obat. Lakukan 3 kali sehari.

- Diet terbaik untuk penderita batuk pilek adalah memperbanyak buah dan sayur-mayur dalam menu harian Anda. Hindari makanan yang memproduksi banyak lendir seperti makanan yang digoreng, mengandung banyak gula, makanan yang terlalu asin, atau yang mengandung susu.

- Buatlah jus dari nanas seberat 8 ons dicampur dengan madu. Sirup ini bisa seefektif obat batuk.

- Hati-hati saat membeli obat batuk sirup karena sirup yang mengandung banyak gula justru akan memperparah batuk. Perpaduan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan asam folik dapat memerangi batuk dan pilek secara efektif. Jangan lupa untuk makan-makanan yang sangat baik untuk meredakan batuk Anda seperti bawang putih, oregano, teh hijau, jahe, dan lada untuk memperkuat tubuh Anda.

- Selain memperhatikan asupan gizi, perhatikan juga lingkungan Anda, jangan berada di lingkungan yang banyak asap rokok, berdebut atau polusi kendaraan.

- Minumlah air putih sebanyak-banyaknya untuk melembapkan tenggorokan Anda. Jangan terlalu banyak minum-minuman yang terlalu asam, karena akan membuat tenggorokan teriritasi.

- Perpaduan antara jeruk dan anggur merupakan makan pagi yang baik untuk mereka yang terkena flu. Kandungan vitamin C nya yang tinggi menghalau virus dan meningkatkan daya tahan tubuh.

- Roti dan sereal gandum juga sangat baik untuk menambah tenaga. Pasalnya kedua jenis makanan itu kaya akan vitamin dan mineral, termasuk zinc dan vitamin E yang dapat mendorong sistem kekebalan tubuh.

- Teh hitam. Daun teh yang asli, bukan herbal mengandung substansi yang dapat meningkatkan aksi dari cilia, yang membuat saluran pernapasan Anda jauh lebih lega dan tak terganggu selama batuk pilek.

- Bagi yang tidak tahu, yoghurt bisa menjadi teman makan siang menyenangkan bagi penderita flu karena bakteri baiknya mampu memerangi kuman yang menggerogoti sistem kekebalan tubuh.

- Seperti yang sudah sering kami tulis, sup ayam tetap masuk dalam berbagai literatur sebagai makanan yang paling membantu kesehatan tubuh selama batuk pilek. Penelitian di Nebraska menggunakan resep tradisional yang berisi bawang, wortel, dan ayam sebagai campuran yang mampu meredakan peradangan dan demam.

- Pasta dengan campuran saus tomat murni dan bawang. Jenis makanan ini cukup ampuh membunuh kuman, bawang mentah mungkin paling efektif, tapi bawang yang telah diproses juga masih punya kekuatan yang cukup untuk membunuh kuman penyakit.

- Salad. Meski kita dianjurkan untuk memperbanyak karbohidrat namun makanan lain pun rasanya cukup punya daya gedor untuk penyakit yang bersarang di tubuh. Sayur-sayuran dalam salad mampu menjalankan tugas itu.

- Teh jahe. Para ahli mengatakan jahe mengandung banyak sekali substansi yang memerangi virus, termasuk beberapa virus yang menyebabkan flu dan batuk.

Jangan lupa, setelah minum obat alami, berdoa.
Kita hanya berusaha, hasil urusan yang Kuasa..

dari Berbagai Sumber
Salam
---Erwindar---

1 komentar: